Hasil Tugas Akhir

Senin, 25 April 2011

2.1. Pendahuluan


2.1. Pendahuluan
      Pada mulanya pemakaian pengelasan hanya berfungsi sebagai perbaikan dan pemeliharaan dari semua alat-alat yang terbuat dari logam baik sebagai proses penambalan retak-retak, penyambungan sementara, maupun sebagai alat pemotongan bagian-bagian yang dibuang atau diperbaiki. Kemajuan teknologi dewasa ini semakin pesat, demikian pula yang terjadi di Indonesia sangat membutuhkan teknik pengelasan yang baik.
Perkembangan teknologi ini dapat dilihat dengan semakin kompleksnya proses penyambungan logam dengan pengelasan. Pada proses pengelasan ada beberapa faktor yang menentukan keberhasilan dalam pengelasan, dimana perubahan logam yang disambung diharapkan mengalami perubahan sekecil-kecilnya  sehingga mutu las tersebut dapat dijamin. Pada pengelasan titik dapat juga dilakukan beberapa variasi arus maupun jarak antara titik-titik las. Modifikasi ini tentunya memberikan pengaruh terhadap sifat material maupun kekuatan las yang terjadi. Mengacu pada uraian di atas, penulis akan mengkaji lama penekanan waktu dan jarak titik pengelasan las titik terhadap kekuatan geser hasil las.
      Dengan perkembangan teknologi pengelasan menyebabkan banyak pengelasan dilakukan dengan cara las titik pada permukaan plat yang akan disambung.Pengelasan titik adalah permukaan yang akan disambung ditekan satu           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar